Profil PEKKA (Persatuan Pemuda Kaligecek Karanggintung)

Profil PEKKA (Persatuan Pemuda Kaligecek Karanggintung)PEKKA atau Persatuan Pemuda Kaligecek Karanggintung adalah komunitas persatuan pemuda dan pemudi yang ada di wilayah Kaligecek dan Karanggintung atau di Desa Kasegeran RW 04. PEKKA didirikan sebagai wadah komunikasi dan silaturahmi pemuda dan pemudi Kaligecek Karanggintung.  Juga sebagai sarana persatuan untuk mengembangkan potensi sumberdaya manusia dan sumberdaya alam untuk menciptakan lingkungan yang berkemajuan dan beradab.

Sejarah

Kegitan kepemudaan di Kaligecek Karanggintung memang sudah ada sejak lama. Sudah banyak sekali kegiatan dan pemikiran yang tentunya berkontribusi terhadap kemajuan lingkungan. Mulai dari zamannya Bapak Sudirjo, berlanjut ke generasi Bapak Anwar Sodikin, lalu ke generasi Bapak Disno Prawiro, dan seterusnya. Pada generasi tersebut para pemuda sudah berhasil mendobrak budaya negatife yang ada di wilayah Kaligecek Karanggintung, seperti perjudian, pencurian serta ketidakharmonisan lingkungan masyarakat.

Namun dari generasi-generasi tersebut kegiatan kepemudaannya masih terkotak kotak antara satu blok dengan blok lainnya. Belum terwadahi dalam komunitas dan pergerakannya masih bersifat aksidental.

Seiring dengan kemajuan zaman dan tingkat populasi pemuda yang semakin banyak, atas himbauan Kepala Dusun 3 Desa Kasegeran, Bapak Sarifudin, tiga pemuda yaitu Latim Mustoli, Risto, dan Rian berinisiatif untuk mengumpulkan seluruh pemuda dan pemudi yang ada diwilayah Kaligecek Karanggintung.

Pertemuan pertama dilakukan di MIM 2 Kasegeran dengan dihadiri oleh sekitar 50 pemuda/i. Pada pertemuan tersebut para pemuda merespon dengan sangat positif adanya wadah yang menaungi pemuda-pemudi di Grumbul Kaligecek Karanggintung.

Kemudian sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, para pemuda berinisiatif untuk mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengikat dan membuktikan kepada masyarakat bahwa sesungguhnya pemuda itu bisa. Disepakatilah kegiatan tersebut adalah pengajian dalam rangka menyambut tahun baru hijriyah 1438 H.

Alhamdulillah atas kehendah Allah, kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan mendapat sambutan yang positif dari masyarakat. Kemudian pada tanggal 9 Oktober 2016 diadakan syukuran dan doa bersama yang dipimpin oleh ketua RW Bapak Anwar Sodikin, sekaligus peresmian komunitas PEKKA Persatuan Pemuda Kaligecek Karanggintung.

Nama

Nama komunitas kepemudaan ini adalah Persatuan Pemuda Kaligecek Karanggintung yang kemudian disingkat PEKKA.PEKKA dipilih selain karena pengucapan yang mudah juga bunyi pengucapan PEKKA menyerupai kata “peka” yang dalam KBBI artinya mudah merasa, mudah mengerti, mudah terangsang (dalam artian positif). Diharapkan PEKKA sesaui dengan arti peka yaitu mudah merasa apa yang dirasakan orang lain, mudah mengerti persoalan yang ada dalam masyarakat dan solusi pemecahannya. Serta mudah terangsang untuk melakukan kegiatan positif.

Logo

Logo PEKKA

Semboyan

Semboyan PEKKA adalah “Guyub Rukun Agawe Sentosa”. Bersatu padu mencipatakan keamanan, ketentraman dan kesejahteraan.

Keanggotaan

Keanggotaan PEKKA adalah seluruh pemuda dan pemudi yang bertempat tinggal di Kaligecek Karanggintung Desa Kasegeran Cilongok. Keanggotaan PEKKA terdiri dari anggota aktif, anggota pasif dan anggota khusus. Anggota PEKKA terdiri dari pemuda pemudi dengan usia 14-35 Tahun.


Kontak
Sekretariat    : Jl. Kaligecek Kasegeran RT 02 RW 04 Cilongok 53162
Telepon         : 082325092065 (Rian) / 081280524537 (Latim)
E-mail             : PEKKAKasegeran@gmail.com
Facebook      : PEKKA Kasegeran
Twitter           : @PEKKAKasegeran
Website         : www.pekkakasegeran.com

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer